Senin, 13 Februari 2017

Kisah 10.000 Bitcoin Dibayar untuk 2 Loyang Pizza, Pria Ini Mungkin Menyesal


Pada 17 Mei 2010, Laszlo Hanyecz mengunggah sebuah pesan di forum untuk para penggemar Bitcoin: Bitcoin Talk. Saat itu, Bitcoin masih dalam masa perkembangan. Harga Bitcoin masih sangat dinamis. Harga Bitcoin ketika itu hanya sepadan dengan beberapa sen dolar Amerika Serikat saja. Isi pesan Laszlo permintaan untuk membeli dua loyang pizza Papa John.

Seperti yang dikutip dari Listverse.com, Laszlo mengatakan ia sanggup membayar 10 ribu Bitcoin untuk pesanannya tersebut. Transaksi ini kemudian tercatat dalam sejarah internet sebagai pertama kalinya Bitcoin benar-benar digunakan untuk membeli sesuatu. Bak gayung bersambut, pesan Laszlo kemudian dijawab pada 22 Mei atau lima hari berselang setelah permintaan itu.


Seseorang yang tidak diketahui identitasnya menerima tawaran Laszlo. Saat itu, yang ada di benak Laszlo tawaran tersebut sungguh hebat karena ia bisa mendapatkan pizza setrelah menukarkan dengan sesuatu yang tampaknya tidak ada. Laszlo membeli pizza dengan Bitcoin sampai musim panas ketika ia kehabisan Bitcoin. Ketika itu nilainya total US$ 41.

Laszlo tidak berpikir dua kali untuk menghabiskan Bitcoin-nya karena ia percaya—seperti halnya banyak orang lain lakukan waktu itu—bahwa Bitcoin sebagai mata uang digital tidak akan pernah berarti apa pun. Selama beberapa tahun ke depan, tampaknya apa yang semua orang pikirkan tentang Bitcoin menjadi kenyataan.

Tapi nasib berkata lain. Pada 2013, investor dan spekulan tiba-tiba menjadi tertarik pada Bitcoin dan mulai berdagang dengan skala raksasa. Sontak, nilai Bitcoin mulai meroket karena menjadi komoditas yang populer. Dalam beberapa bulan berikutnya, satu Bitcoin yang semula dinilai hanya beberapa sen dolar saja langsung menjadi US$ 1.200.


Selama tahun itu akhirnya harga Bitcoin mantap menetap antara US$ 500-700 per unit. Kini, per Senin, 13 Februari 2017, sesuai data CoinDesk Bitcoin Price Indes harga Bitcoin mencapai US$ 1.000. Jika saja Laszlo menghabiskan 10.000 Bitcoin pada Februari 2017 untuk dua loyang pizza, nilainya setara US$ 10 juta atau Rp 134 miliar.

Untuk mengenang transaksi itu, saban 22 Mei diperingati sebagai Hari Pizza Bitcoin. Pada tanggal itu pula semua perusahaan pizza di seluruh dunia memberikan diskon khusus untuk mengenang pembelian Laszlo tersebut.

Foto: Bitcoin.it, Cointelegraph

Tidak ada komentar:

Posting Komentar