Minggu, 19 Maret 2017

Geger Perang Saudara Bitcoin Core Vs Bitcoin Unlimited, Siapa Menang?


Salah satu topik yang menjadi perdebatan paling panas saat ini adalah apakah pengguna harus mendukung Bitcoin Core atau Bitcoin Unlimited. Saat Bitcoin Unlimited disokong oleh khalayak pertambangan, Bitoin Core menjadi solusi yang lebih disukai oleh provider dan perusahaan pertukaran. Pilihan sulit memang, meskipun kedua solusi mengaku bekerja dengan tujuan akhir yang sama. Mari kita lihat apa yang mereka berdua tawarkan dan bagaimana perbedaannya seperti yang dikutip dari The Merkle, Minggu, 19 Agustus 2017.
 

2. Bitcoin Unlimited

Ketika pertama kali diumumkan, proyek ini memperoleh dukungan signifikan dari beberapa pemain utama dalam industri Bitcoin. Roger Ver, Jihan Wu, dan beberapa orang lainnya merasa Bitcoin Core tidak mengambil langkah yang diperlukan untuk meringankan skala jaringan Bitcoin. Bitcoin Unlimited mengusulkan kenaikan ukuran balok atau block seize yang rendah, meski rincian spesifik ditentukan sendiri oleh pengguna jaringan.

Bitcoin Unlimited dibangun berdasarkan kegagalan yang terjadi pada Bitcoin XT dan Bitcoin Classic di masa lalu. Bitcoin Unlimited melakukan hal-hal yang sangat berbeda dari Bitcoin Core seperti
memberikan pilihan penambang untuk mengkonfigurasi ukuran validasi balok mereka. Ukuran default masih satu megabita, namun ukuran generasi maksimum sepenuhnya disesuaikan. Jaringan Node memiliki pilihan yang sama dalam menentukan dan memvalidasi blok mereka dan seberapa besar mereka dapat.

Bitcoin terbatas telah memperoleh dukungan besar dari para penambang, khususnya penambang yang menambang Bitcoin secara bersama-bersama atau mining pool (semacam serikat penambang). Namun, komunitas penambang hanyalah bagian dari jaringan secara keseluruhan. Penyedia layanan, pertukaran, dan operator dompet tidak terlalu tertarik dengan usulan Bitcoin Unlimited. Tanpa dukungan kritis, kemungkinan keberhasilan Bitcoin Uliited sangat tipis.


1. Bitcoin Core

Selama sembilan tahun terakhir, Bitcoin Core selalu menjadi pilihan utama dalam pengembangan jaringan. Meski pengaruh perusahaan startup Blockstream telah berkembang luas, perusahaan itu juga bertanggung jawab untuk mendanai sebagian besar kemajuan pengembangan Bitcoin. Kendati ada pemberian insentif ini, pengaruh Blockstream tetap agak terbatas. Namun, justru beberapa orang sangat merasa sebaliknya.

Situasi tersebut menjadikan
Bitcoin Core mencari solusi skalabilitas, yang disajikan dalam bentuk SegWit. Para pendukung Bitcoin Unlimited merasa SegWit tidak akan memberikan kapasitas skala yang mumpuni. Belakangan hal itu dijadikan alasan bagi mereka untuk mengembangkan solusi sendiri. Segregated Witness juga akan meletakkan dasar untuk Lightning Network, meski konsep ini masih membutuhkan banyak usaha. Tujuannya untuk hard-code batas ukuran blok ke dalam jaringan bitcoin, ketimbang memberi pemilik node dan penambang kebebasan pilihan mengenai solusi ini.

Namun, para pendukung Bitcoin Unlimited merasakan block size akan tetap hardcode pada ukuran 1 MB-nya. Meskipun hal ini tidak selalu menjadi masalah dalam transaksi, persoalan ini harus diselesaikan oleh pengembang Bitcoin Core. Belum ada "roadmap" resmi terkait solusi ini, tapi hampir setiap penyedia layanan populer merasa SegWit adalah cara yang tepat sebagai jalan ke luar, daripada menggunakan usulan Bitcoin Unlimited.

Penulis: Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar